Servis & Sparepart Laptop

Follow Twitter kami

Lapor Manajemen!

Mengenal PIR (Passive Infra Red) Sensor

October 1st, 2013 admin Posted in Artikel/Download No Comments »

Diagram Cara Kerja PIR.jpg

Passive Infrared Receiver) merupakan sebuah sensor berbasiskan infrared. Akan tetapi, tidak seperti sensor infrared kebanyakan yang terdiri dari IR LED dan fototransistor. PIR tidak memancarkan apapun seperti IR LED. Sesuai dengan namanya ‘Passive’, sensor ini hanya merespon energi dari pancaran sinar inframerah pasif yang dimiliki oleh setiap benda yang terdeteksi olehnya. Benda yang bisa dideteksi oleh sensor ini biasanya adalah tubuh manusia.

Di dalam sensor PIR ini terdapat bagian-bagian yang mempunyai perannya masing-masing, yaitu Fresnel Lens, IR Filter, Pyroelectric sensor, amplifier, dan comparator.

Sensor PIR ini bekerja dengan menangkap energi panas yang dihasilkan dari pancaran sinar inframerah pasif yang dimiliki setiap benda dengan suhu benda diatas nol mutlak. Seperti tubuh manusia yang memiliki suhu tubuh kira-kira 32 derajat celcius, yang merupakan suhu panas yang khas yang terdapat pada lingkungan. Pancaran sinar inframerah inilah yang kemudian ditangkap oleh Pyroelectric sensor yang merupakan inti dari sensor PIR ini sehingga menyebabkan Pyroelectic sensoryang terdiri dari galium nitrida, caesium nitrat dan litium tantalate menghasilkan arus listrik. Mengapa bisa menghasilkan arus listrik? Karena pancaran sinar inframerah pasif ini membawa energi panas. Prosesnya hampir sama seperti arus listrik yang terbentuk ketika sinar matahari mengenai solar cell.

Mengapa sensor PIR hanya bereaksi pada tubuh manusia saja? Hal ini disebabkan karena adanya IR Filter yang menyaring panjang gelombang sinar inframerah pasif.IR Filter dimodul sensor PIR ini mampu menyaring panjang gelombang sinar inframerah pasif antara 8 sampai 14 mikrometer, sehingga panjang gelombang yang dihasilkan dari tubuh manusia yang berkisar antara 9 sampai 10 mikrometer ini saja yang dapat dideteksi oleh sensor.

Jadi, ketika seseorang berjalan melewati sensor, sensor akan menangkap pancaran sinar inframerah pasif yang dipancarkan oleh tubuh manusia yang memiliki suhu yang berbeda dari lingkungan sehingga menyebabkan material pyroelectric bereaksi menghasilkan arus listrik karena adanya energi panas yang dibawa oleh sinar inframerah pasif tersebut. Kemudian sebuah sirkuit amplifier yang ada menguatkan arus tersebut yang kemudian dibandingkan oleh comparator sehingga menghasilkan output.

Ketika manusia berada di depan sensor PIR dengan kondisi diam, maka sensor PIR akan menghitung panjang gelombang yang dihasilkan oleh tubuh manusia tersebut. Panjang gelombang yang konstan ini menyebabkan energi panas yang dihasilkan dapat digambarkan hampir sama pada kondisi lingkungan disekitarnya. Ketika manusia itu melakukan gerakan, maka tubuh manusia itu akan menghasilkam pancaran sinar inframerah pasif dengan panjang gelombang yang bervariasi sehingga menghasilkan panas berbeda yang menyebabkan sensor merespon dengan cara menghasilkan arus pada material Pyroelectricnya dengan besaran yang berbeda beda. Karena besaran yang berbeda inilah comparator menghasilkan output.

Jadi sensor PIR tidak akan menghasilkan output apabila sensor ini dihadapkan dengan benda panas yang tidak memiliki panjang gelombang inframerah antar 8 sampai 14 mikrometer dan benda yang diam seperti sinar lampu yang sangat terang yang mampu menghasilkan panas, pantulan objek benda dari cermin dan suhu panas ketika musim panas.

AddThis Social Bookmark Button

Membangun Hotspot Dilokasi Tanpa Speedy & ISP

January 25th, 2013 admin Posted in Artikel/Download 23 Comments »

Apabila Speedy atau ISP sudah menjangkau rumah kita, sangatlah mudah membangun sebuah hotspot. Namun bagaimana jika tidak ada Speedy? Atau rumah yang jauh dari jangkauan sinyal ISP? Mari kita bahas solusinya.

Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Mengenal Generasi Processor pada Tablet PC

January 8th, 2013 admin Posted in Artikel/Download 1 Comment »

Biasanya spesifikasi yang pertama kali ditanyakan dari computer desktop ataupun laptop adalah prosessor, sehingga apabila sudah mengetahui jenis prosesor yang terpasang dalam suatu PC, maka akan mengetahui golongan kelas kecanggihan teknologi yang dimiliki. Meskipun tidak 100% benar, tapi tidak dipungkiri lagi apabila prosessor mempengaruhi spesifikasi hardware yang lain, sehingga sedikit banyak dapat segera disimpulkan kinerja yang dimiliki computer tersebut.

Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Tips dan Trik dapat terkoneksi di area hotspot

January 6th, 2013 admin Posted in Artikel/Download No Comments »

Masih terkendala sewaktu ingin nge-net di wifi area> Mau tau tips dan trik supaya dapat terkoneksi di area hotspot publik? Yuk kita bahas.
Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Jangkauan WiFi Notebook / Netbook

January 6th, 2013 admin Posted in Artikel/Download No Comments »

Jangkauan WiFi Notebook / Netbook terkoneksi di area No Hotspot , Mungkinkah?

Notebook / Netbook saat ini sangat membantu kehidupan kita sehari-hari, selain harganya semakin lama semakin turun, praktis di dalam membawa kemana pun kita pergi memberikan alasan kuat untuk mempunyai teknologi canggih ini. Bahkan Notebook / Netbook yang akrab di panggil dengan laptop saat ini sudah seperti kebutuhan primer yang semua orang punya. Lalu. Apa sih alasan kuat orang – orang banyak memburu computer praktis ini, berikut liputanya :
Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Ubuntu Akhirnya Rambah Smartphone

January 6th, 2013 admin Posted in Artikel/Download No Comments »

Jakarta - Awal tahun 2013 ini, Canonical — perusahaan di balik distribusi Ubuntu — secara resmi memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone. Pendiri Canonical Mark Shuttleworth langsung mendemokan sistem operasi ini di markas besarnya di London, Inggris.
Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Pengguna Internet di Indonesia capai 61 Juta orang

December 14th, 2012 admin Posted in Artikel/Download No Comments »

MarkPlus Insight kembali merilis data penggunaan Internet di Indonesia. Disebutkan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia per akhir tahun 2012 mencapai 61,08 juta, naik sekitar 10% ketimbang tahun 2011. Dibanding total populasi, penetrasi pengguna Internet mencapai 23,5%.
Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Indosat Super WiFi Dukung Konferensi Menteri se-Asia

October 24th, 2012 admin Posted in Artikel/Download No Comments »

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Indosat Tbk, melalui anak usahanya PT Indosat Mega Media (IM2) turut berkontribusi menyukseskan 5th Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (Konferensi Tingkat Menteri Asia urusan Pengurangan Risiko Bencana ke-5), yang berlangsung di Jogja Convention Center, Yogyakarta, mulai Senin-Kamis, 22-25 Oktober 2012. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan hadir dalam konferensi ini.

Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button

Internet Sehat

September 20th, 2008 admin Posted in Artikel/Download 12 Comments »

Seorang rekan memberikan link http://ictwatch.com/internetsehat/software-netsehat/ berisi kumpulan software freeware yang bisa di donlot bebas. Beberapa software adalah antivirus dan antispam/adware yang bisa membuat koneksi internet Anda lebih sehat :D

AddThis Social Bookmark Button

Video Tutorial Merangkai Komponen Wajanbolic

July 11th, 2008 admin Posted in Artikel/Download 18 Comments »

Selain buku panduan yang kami sertakan dalam setiap paket pengiriman antena wajanbolic, tersedia juga video tutorialnya yang dibuat oleh Mas Wicak Hidayat dari detikINET.

Klik disini untuk melihat tayangannya di YoutTube.

AddThis Social Bookmark Button

Sharing koneksi internet dari wajanbolic

July 3rd, 2008 admin Posted in Artikel/Download 95 Comments »

Banyak yang menanyakan, apakah wajanbolic bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus? Jawabnya:bisa !! Wajanbolic bisa digunakan untuk banyak PC sekaligus.
Read the rest of this entry »

AddThis Social Bookmark Button