Follow Twitter kami

Lapor Manajemen!

Mengenal Generasi Processor pada Tablet PC

Biasanya spesifikasi yang pertama kali ditanyakan dari computer desktop ataupun laptop adalah prosessor, sehingga apabila sudah mengetahui jenis prosesor yang terpasang dalam suatu PC, maka akan mengetahui golongan kelas kecanggihan teknologi yang dimiliki. Meskipun tidak 100% benar, tapi tidak dipungkiri lagi apabila prosessor mempengaruhi spesifikasi hardware yang lain, sehingga sedikit banyak dapat segera disimpulkan kinerja yang dimiliki computer tersebut.

Namun berbeda halnya dengan tablet PC, yang saat ini menjadi trend teknologi. Untuk mengetahui seberapa canggihnya atau seberapa bagusnya spesifikasi tablet PC yang dimiliki, secara umum banyak orang hanya menanyakan system operasi yang terpasang, seperti android versi 1.1, versi 1.5 (Cupcake), versi 1.6 (Donut), versi 2.0/2.1 (Eclair), versi 2.2 (Froyo), versi 2.3 (Gingerbread), versi 3.0/3.1 (Honeycomb), versi 4.0 (ICS), versi 4.1/4.2 (Jelly Bean). Sedangkan untuk iPad pada Perusahaan raksasa Apple, adalah versi iPadnya. Berikut ini adalah jenis – jenis prosesor yang digunakan Tablet PC :

Dibandingkan dengan OS Mobile lainnya, Android memiliki banyak pilihan untuk CPU yang bisa menjalankannya. Meskipun sebagian besar arsitektur CPU ponsel yang menggunakan Android adalah ARM, namun beberapa arsitektur CPU lainnya juga men-support Android, seperti MIPS dan Power Architecture. Berikut ini adalah beberapa CPU yang jamak ditemui di gadget-gadget yang menggunakan Android

1. Qualcomm Snapdragon
Qualcomm Snapdragon
Selain digunakan untuk ponsel, Qualcomm Snapdragon juga bisa digunakan untuk Tablet PC. Sebagian besar CPU Snapdragon ini sudah mengadopsi arsitektur ARM diatas ARM 6, sehingga sudah kompatibel untuk menjalankan aplikasi berbasis Flash. Snapdragon ini menggunakan GPU (kartu grafis) terintegrasi bernama Adreno, yang menggunakan teknologi milik ATI (sebelumnya bernama Imageon). Bahkan, di tahun 2011 ini, Qualcomm berencana merilis Snapdragon yang sudah menggunakan teknologi dual core. Beberapa ponsel yang mengguanakan Snapdragon antara lain Dell Streak dan Sony Ericsson Xperia X10.

2. Texas Instrument OMAP
Texas Instrument OMAP
OMAP (Open Multimedia Application Platform) lebih dulu dikenal di dunia smartphone karena sempat digunakan sebagai otak dari beberapa seri Nokia, termasuk nokia N series (N90, N91, N95). OMAP generasi ketiga, sudah menggunakan ARM 7 dan ARM Cortex 8, sehingga juga bisa digunakan untuk menjalankan Flash. OMAP menggunakan GPU Power VR, yang tidak terintegrasi kedalam chip-nya. Power VR sendiri adalah salah satu GPU untuk ponsel terbaik, yang juga digunakan Samsung untuk Galaxy S-nya. Beberapa gadget yang menggunakan OMAP antara lain Motorola Milestone 2 dan Motorola Droid.

3. Samsung Hummingbird
Samsung Hummingbird
Hummingbird adalah prosesor yang dikembangkan bersama oleh Samsung dan Intrinsity, sebuah perusahaan yang pada April 2010 lalu sudah diakuisisi oleh Apple. Prosesor ini berkekuatan 1GHz dan sudah menggunakan arsitektur ARM 8. GPU Hummingbird juga menggunakan Power VR, yang sudah mendukung teknologi rendering OpenGL ES 1.1/2.0. Power VR sendiri disebut-sebut sebagai salah satu GPU terbaik untuk ponsel Android, sehingga apabila kamu menginginkan gadget Android dengan spesifikasi besar dan GPU yang tangguh, maka Galaxy S yang menggunakan Hummingbird ini adalah salah satu pilihan terbaik.

4. Nvidia Tegra
Nvidia Tegra
Tegra bisa dianggap sebagai saingan berat dari Snapdragon karena sudah menggunakan prosesor dual core 1 GHz. Tegra juga sudah menggunakan arsitektur ARM 7 sehingga juga sudah bisa digunakan untuk menjalankan Flash. CPU ini menggunakan GPU yang dikembangkan oleh Nvidia sendiri, Ultra Low Voltage (ULV) GeForce, dan juga siap untuk menjadi penantang Adreno yang menggunakan teknologi dari Ati. Beberapa gadget yang sudah menggunakan Tegra ini antara lain Motorola Atrix, LG Optimus 2X, Motorola Droid Bionic, dan beberapa tablet PC lokal seperti Zyrex One Pad. Kini Tegra telah memasuki era quadcore (empat inti) lewat seri Tegra 3 yang sudah mulai dipasang di tablet mutakhir Asus Transformer Prime dan Smartphone HTC Edge.


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

AddThis Social Bookmark Button

One Response to “Mengenal Generasi Processor pada Tablet PC”

  1. 1
    Rizal Says:

    Salam kenal, website yang sangat bermanfaat. Terima kasih

    terimakash, semoga bermanfaat :-)

Leave a Reply